PERKEMBANGAN YANG IDEAL PADA ANAK UMUR 4 TAHUN

Salah satu perkembangan anak yang baik pada usia 4 tahun adalah mampu menendang bola. Jika seorang anak sudah mau memasuki usia 4 tahun atau biasanya sudah melakukan prasekolah, biasanya anak sudah bisa bersikap mandiri dan tidak bergantung pada orang tua lagi terutama pada ibu. Bersikap mandiri ini seperti sudah bisa menggambar, bernyanyi serta sudah bisa bergaul dengan teman-teman lain tanpa harus ada orang tua di sampingnya.

Sangat banyak tahapan yang berubah ketika anak sudah mau menginjak umur 4 tahun, terkadang ketika anak sudah berumur 4 tahun atau lebih dan si anak tidak mengalami perkembangan sebagai orang tua pastinya sering bingung untuk mengenali apa yang salah dengan si anak atau apakah normal dengan pertumbuhan si anak.

Maka dari itu sebagai orang tua untuk mendukung perkembangan si anak pada usianya yang meranjak 4 tahun maka harus lebih mengetahui perubahan keterampilan yang ideal yang biasa di lakukan oleh anak tersebut.

Pada usia anak yang menginjak 4 tahun bisa di lihat dari kemampuan berbicara dan berkomunasi dengan orang lain di antaranya :
1. Bisa menjawab pertanyaan dengan sederhana
2. Mampu bercerita tentang apa yang di lakukan si anak
3. Bernyanyi
4. Sudah bisa berbicara dengan jelas
5. Bisa menyebutkan nama sendiri dengan lengkap

Selain ini masih banyak juga yang harus diketahui oleh orang tua tentang perkembangan anak di usia 4 tahun ini. Untuk mengetahui sejauh mana perkembangan si anak anda juga harus bisa mengetahui keterampilan dan mental pada si anak, pada anak biasanya memiliki mental yang berbeda-beda tentunya. Maka dari itu sebaiknya mental si anak harus di latih sejak kecil agar ketika sudah besar anak cenderung lebih aktif dan berani untuk melakukan hal apa pun. Perlu diketahui juga perkembangan pada si anak biasanya di anggap sebagai masa golden age tetapi pertumbuhan tersebut lebih di dukung apa bila mendapatkan dukungan dari orang tua atau lingkungan pada saat prasekolahnya, karena anak cenderung bisa aktif ketika bertemu dengan orang banyak di sekitarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *