APAKAH MEMAKAN ESKRIM BISA MENYEBABKAN OTAK MENJADI BEKU? APA SEBABNYA?

Ketika menikmati eskrim apalagi saat cuaca sedang panas mungkin akan terasa segar dan sangat menyenangkan serta juga bisa memuaskan dahaga. Meskipun begitu anda hal yang perlu kalian ketahui apa lagi bagi pecinta eskrim, hal ini ternyata akan membuat otak menjadi beku. Kondisi ini mungkin sangat sering terjadi bagi sebagian orang, selain memakan es krim di siang hari terjadinya pembekuan otak juga bisa terjadi ketika anda memakan es batu atay meminum minuman yang sangat dingin.

Brain freeze atau biasa di sebut dalam bahasa Indonesia sebagai beku otak merupakan suatu kondisi sakit kepala yang terjadi ketika anda sering mengkonsumsi makanan atau minuman yang sangat dingin ketika cuaca terasa sangat panas. Kondisi otak beku yang istilah meis di kenal sebagai sphenopalatine ganglioneuralgia. Gejala atau tanda terjadinya beku otak yang paling utama muncul yaitu dengan rasa sakit kepala yang ringan atau berat di bagian dahi atau pelipis.

Sensasi sakit kepala tersebut hanya terjadi dalam jangka pendek saja yang biasa hanya berlangsung dalam beberapa detik atau kurang dari 5 menit. Namun hal ini juga tergantung pada seberapa cepat atau banyak akan meminum atau memakan yang dingin.

Namun menurut para ahli sebenarnya bisa memperdebat mengapa terjadinya otak beku ini, tapi beberapa peneliti juga sudah pernah merasakan sensasi ketika eskrim yang dingin tersentuh ke bagian langit mulut yang terletak di bagian belakang tenggorokan.

SPG merupakan sekelompokan saraf yang terhubung pada saraf trigeminal yang terdapat pada pusat sakit kepala. Sekumpulan saraf tersebut bisa di temukan di bagian belakang hidung. Pada saat anda sedang makan atau meminum minuman dingin dan menyentuh langit-langit di mulut secara tiba-tiba saraf akan secara langsung merespon dan dapat memicu pembuluh darah di kepala dan melebar dengan cepat.

Lalu bagaimana cara mengatasi jika terjadinya otak beku? sebenarnya kondisi ini dapat diatasi dengan mudah, anda juga tidak perlu membutuhkan pengobatan secara medis yang sangat rumit namun anda juga bisa melakukannya sendiri. Pada dasarnya juga otak beku juga dapat hilang dengan cepat juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *