Manfaat Tak Terduga Merawat Tanaman Dalam Ruangan

Manfaat Tak Terduga Merawat Tanaman Dalam Ruangan

Berkebun merupakan hobi atau aktivitas yang sangat menyenangkan serta membuat hunian kita menjadi lebih asri. Selain berkebun di pekarangan rumah atau pun belakang rumah, apakah kamu juga merawat tanaman dalam rumah? Ternyata, merawat tanaman dalam rumah bukan hanya berfungsi untuk memperindah ruangan saja, tapi juga memberikan dampak yang baik untuk kesehatan.

Memiliki tanaman dalam ruangan bukan hanya memberikan manfaat bagi pesikologis seseorang, namun bagi kesehatan fisik juga. Dan berikut ini ada beberapa manfaat yang akan kamu rasakan jika merawat tumbuhan dalam ruangan rumah kamu. Yuk, simak di bawah ini.

1. Membantu mempercepat penyembuhan

Para peneliti di Amerika Serikat menyebutkan, penambahan tanaman dalam kamar pasien di rumah sakit ternyata bisa membantu mempercepat proses penyembuhan pasien yang menjalani proses bedah. Pasien tersebut juga memiliki catatan tekanan darah dan detak jantung yang lebih rendah, daya tahan tubuh yang meningkat, serta lebih cepat untuk diizinkan pulang.

Penelitian lainnya juga membuktikan, jika menambah tanaman dalam kantor atau pun tempat kerja bisa menurunkan resiko penyakit seperti pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, batuk, gejala flu, dan mengurangi kelelahan.

2. Mendapatkan udara yang lebih segar

Para ilmuwan menegaskan jika tanaman bisa menghilangkan bahan kimia berbahaya yang tersebar di udara, sehingga udara yang ada dalam ruangan tersebut menjadi lebih segar dan bersih untuk dihirup. Tumbuhan mampu menyerap racun dari udara sampai 85 persen setiap harinya.

Dengan begitu udara yang di hasilkan akan sangat baik untuk di gunakan bernapas serta mengurangi resiko ancaman penyakit akibat racun dan zat kimia yang terperangkap di udara.

3. Meningkatkan konsentrasi, produktivitas, dan kreativitas saat bekerja

Di kutip dari sebuah jurnal yang terbit pada tahun 2015, menyebutkan jika karyawan yang bekerja di dalam kantor yang memiliki unsur-unsur alami memiliki tingkat kreativitas 15 persen lebih baik ketimbang mereka yang bekerja di ruangan tanpa ada unsur alaminya. Otak yang melihat tanaman, alam dan bahkan hanya gambar alam saja bisa terpengaruh untuk mendapatkan fungsi kerja dan pola pikir yang berbeda.

Suasana hati seseorang juga akan berubah saat melihat alam. tingkat konsentrasi dan fokus juga ikut meningkat saat bekerja.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *