Nutrisi Penting Penunjang Kesuburan

Nutrisi Penting Penunjang Kesuburan

Masalah kesuburan adalah salah satu masalah yang banyak di hadapi pasangan yang baru menikah. Perjalanan untuk bisa memiliki keturunan dan menjadi orang tua terkadang bisa menjadi tantangan baru yang tidak mudah bagi sebagian besar pasangan baru. Tapi, masalah seperti ini bukan hanya kamu yang merasakannya, banyak juga orang di luar sana yang mendapatkan kesulitan untuk memiliki keturunan.

Faktor yang mempengaruhi kesuburan cukup banyak dan beragam, salah satunya adalah asupan nutrisi. Ada beberapa nutrisi terpenting yang bisa mempengaruhi kesuburan. Penasaran apa saja nutrisi penting itu? Yuk, simak ulasan di bawah ini. Terutama untuk kalian yang sedang menjalani program hamil.

1. Zat besi

Konsumsi suplemen zat besi non-heme maupun zat besi heme bisa membantu menurunkan resiko infertilitas ovulasi. Dalam sebuah jurnal penelitian, menyebutkan jika zat besi non-heme menyimpan banyak manfaat bagi wanita yang sudah mengalami penurunan zat besi, sedangkan zat besi heme di ketahui tidak akan mempengaruhi kesuburan.

Meski konsumsi suplemen zat besi tidak begitu penting saat tubuh kamu sudah memiliki kadar zat besi yang baik, memastikan kadar zat besi dalam tubuh agar tetap stabil merupakan langkah pencegahan yang tepat.

2. Serat

Asupan serat yang terpenuhi dengan baik akan membantu mengendalikan kelebihan hormon  serta menjaga kadar gula dalam darah. Terdapat pula beberapa jenis serat yang memiliki kemampuan untuk menghilangkan kelebihan estrogen dalam tubuh  dengan cara mengikatnya dalam usus. Estrogen yang berlebih ini akan ikut keluar dari tubuh ketika buang air besar.

Contoh sumber serat terbaik yang bisa kamu konsumsi adalah buah-buahan, biji-bijian, kacang, dan sayur. Asupan serat harian yang direkomendasikan para ahli nutrisi adalah 31 gram untuk pria dan 25 gram untuk wanita.

3. Antioksidan

Folat dan Seng adalah dua jenis antioksidan terbaik yang bisa meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita. Antioksidan memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas dalam tubuh. Kerusakan sel sperma pada pria dan sel telur pada wanita biasanya di sebabkan oleh radikal bebas.

Dikutip dari sebuah jurnal kesehatan, para ahli yang melakukan studi kesuburan pada laki-laki menemukan jika konsumsi 75 gram kenari tinggi antioksidan dapat meningkatkan kualitas sperma.

Selain itu, studi lainnya yang melibatkan 230 lebih wanita menunjukan jika meningkatkan asupan folat memiliki kaitan dengan peningkatan kehamilan klinis, implantasi, serta kelahiran hidup.

Untuk mencukupi kebutuhan antioksidan, blueberry, goji berry, stroberi, kale, dan coklat hitam adalah contoh sumber antioksidan terbaik yang bisa kamu manfaatkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.