Beberapa Efek Samping Buat Sakit Dari Overdosis Pada Vitamin C

Untuk vitamin C merupakan sebuah salah satu dari substansi yang sangat penting dalam tubuh dan yang sangat sehat. Mikronutrien ini yang sangat manfaatnya meliputi dengan perlindungan dari defisiensi sistem imun, penyakit kardiovaskulat, penyakit mata, kesehatan prenatal sampai kerutan kulit anda.

Khususnya yang semenjak dari pandemi covid-19 ini, sudah banyak sekali oprang yang makin menyadari akan penting memenuhi kebutuhan vitaminC dan yang mengonsumsinya dalam bentuk seperti suplemen. Namun banyaknya yang cenderung mengonsumsinya secara yang berlebihan. Padahal pada asupan vitaminC ini yang terlalu tinggi bisa mendatangkan pada efek buruk untuk kesehatan.

Inilah Beberapa Efek Samping Kelebihan Konsumsi Vitamin C

Konsumsi Vitamin Berlebihan Terganggu Pada Pencernaan
Dengan ada jumlah tertent pada vitmainC yang dibutuhkan setiap individu, Dietary Reference vitaminC, VitaminE, selenium telah diterbitkan oleh Academies. Berikut ini yang akan direkomendasikan harian untuk konsumsi vitamin C :

– Anak usia 1-3 tahun: 15 mg
– Anak usia 4-8 tahun: 25 mg
– Anak muda usia yang 9-13 tahun: 45 mg
– Anak usia 14-18 tahun: 65-75 mg
– Wanita dewasa usia yang di atas 19 tahun: 75 mg
– Pria dewasa usia yang di atas 18 tahun: 90 mg
– Ibu hamil (usia yang di atas 19 tahun): 85 mg
– Ibu menyusui (usia yang di atas 19 tahun): 120 mg

Batas maksimal untuk seseorang ini bisa yang menahan jumlah vitamin C adalah 2.000 mg perharinya. lebih dari jumlah yang telah direkomendasikan, kelebihan yang akan dibuang melalui Urine. Konsumsi vitaminC yang berlebihan ini yang akan memberi tekanan pada saluran pencernaan. Mengutip Healthline, PAda umumnya efek yang akan dirasakan yaitu sakit perut, mual dan sampai diare bisa asupan vitamintersebut yang lebih dari 2.000 mg. untuk efek samping ini tak terjadi pada sumber makaan, melainkan yang akan datang dari konsumsi suplemen.

Efek Samping Yaitu Kelebihan Zat Besi
Untuk vitamin C yang membantu pada penyerapan dan penyimpanan zat besi yang ada dihati, sampai yang disarankan untuk mengonsumsi vitaminC yang bersamaan pada zat besi.

Hal ini sangat bak, namun bisa jadi berbahaya untuk beberapa orang bila asupan vitaminC yang telah masuk didalam tubuh terlalu banyak. Dan jumlah yang berlebihan ini akan membuat zat besi dalam tubuh kelebiha pada beban. Jika yang dibiarkan saja, akan ada kerusakan pada jantung, tiroid, lever dan sistem saraf yang dapat bisa terjadi juga.

Konsumsi 1 Atau 2 Kebutuhan Vitamin C Sudah Cukup
Seperti yang sudah disebutkan yang sebelumnya, kebutuhan vitamin harian kita ini tidaklah banyal. Anda yang hanya bisa mencukupinya dengan konsumsi 1 atau 2 buah jeruk dalam perhari saja. Ini karena dengan kandungan vitamin C dari jeruk sudah yang berkisar 50-65 mg. Kalau kebutuhannya dari makanan ini yang sudah tercukupi, konsumsi vitaminC dalam bentuk seperti suplemen yang tidak diperlukan, kecuali memang yang dianjurkan dari dokter.

Untuk yang memastikan pada asupan vitamin C ini saja tidaklah cukup untuk menjaga kesehatan daya tahan tubuh yang tetap optimal. Apalagi sampai konumsinya yang berlebihan melalui suplemen, utamakan mendapat asupannya dari makanan utuh melalui pola makan bergizi seimbang. Jadi tak hanya vitamin C yang terpenuhi saja, tapi juga nutrisi yang penting lainnya yang akan dibutuhkan tubuh. Agar daya tahan tubuh prima dan optimalkan dengan olahraga yang teratur, Cukupi kebutuhan cairan, Istirahat cukup Dan kelola stres dengan cara baik ya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.